Jumat, 22 Agustus 2008

Kambing Perah

Belum banyak yang familiar dengan kebiasaan minum susu kambing. Meski demikian akhir-akhir ini produk susu segar maupun olahan dari susu kambing semakin banyak dicari oleh masyarakat. Alasan ketertarikan untuk mengkonsumsi susu kambing tidak lain adalah karena khasiat yang disebut-sebut terkandung di dalamnya.

Belakangan ini susu kambing digunakan untuk pengobatan , pemeliharaan kesehatan, dan membantu penyembuhan berbagai jenis penyakit. Survei United Departement of Agriculture menyebutkan bahwa susu kambing baik untuk berbagai keadaan terutama mencegah penyakit. Malah dianjurkan untuk penderita penyakit TBC, asma, anemia, hepatitis, kram otot dan tukak lambung.Bahkan tidak sedikit kalangan medis yang melakukan terapi kepada pasiennya dengan menggunakan susu kambing.

Susu kambing dapat diolah dalam berbagai bentuk. Selain pembuatan susu pasteurisasi, susu kambing juga bisa diolah menjadi pembuatan kefir (susu asam), yoghurt, ice cream dan dodol susu.

Terbukanya pasar untuk produk ini tentunya cukup menantang pebisnis untuk memasuki bisnis budidaya kambing perah. Coba simak beberapa keuntungan usaha budidaya kambing perah dalam sebuah tawaran pelatihan yang diadakan oleh Trubus berikut. Kambing perah menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Keuntungan beternak kambing perah pun menggiurkan. Dengan modal Rp90 juta untuk 30 indukan betina diperoleh pendapatan Rp102.400.000/tahun. Itu belum termasuk penjualan anakan yang digemukkan dan kotoran.”

Berminat masuk ke bisnis ini? Selain mempersiapkan modal, tentu saja pebisnis harus mempersiapkan beberapa hal. Yang utama adalah masalah kepastian pemasaran. Untuk ini pebisnis bisa mencari informasi pasar dan mencari jaringan yang pasti bisa menampung produksi nantinya. Saat ini juga terdapat usaha-usaha yang khusus menangani penjualan susu segar, dengan mengumpulkan produk dari para peternak.

Dan tentu saja pengetahuan tentang budidaya kambing perah yang baik juga mesti dimiliki. Bagaimana memilih induk yang baik, membangun kandang yang benar, mengatur pakan, pemeliharaan anak, serta teknik memerah susu. Jenis peranakan Etawah (PE) lebih sering dimanfaatkan peternak kambing perah. Hal tersebut mengingat kelompok kambing PE merupakan kambing yang bertubuh besar, cepat tumbuh, dan dikalangan peternak telah mendapatkan tempat dihati mereka mengingat harga jualnya yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan kambing lokal serta produksi susu juga lebih bagus

Tidak ada komentar: